Pengetahuan untuk Hidup lebih Baik

LightBlog

Subscribe Youtube & Dapatkan Video Tips Kesehatan Gratis

Friday 3 February 2017

Tips mudah menyusun dan menulis skripsi dengan cepat

Cara mudah menulis skripsi dengan benar. Mengetahui bagaimana cara cepat menyusun skripsi sehingga dapat diselesaikan dengan cepat bahkan dalam seminggu sebuah proposal sudah dapat diselesaikan dengan baik. Secara struktur penyusunan skripsi terdiri dari beberapa bagian antara lain: halaman sampul, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar dan table, pendahuluan, tinjauan materi atau biasa juga disebut tinjauan pustaka, kerangka pikir, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar pustaka da lampiran.
Pada kesepatan ini kita hanya membahas bagian inti yaitu pembuatan judul, pendahuluan, kerangka pikir, dan pembahasan. meskipun yang kita bahas lebih ke jurusan farmasi, namun ini juga berlaku untuk semua jurusan secara umum. Untuk memulai penyusunan skripsi, terlebih dahulu akan melalui penyusunan proposal. namun sebelum itu tentu akan melalui yang namanya penentuan judul skripsi. Mari kita bahas.
 
Cara mudah membuat judul penelitian.
Cara menyusun proposal penelitian. Pada bagian ini hampir kebanyakan mahasiswa menganggap hal yang mengerikan, bagaimana tidak, mereka menghadapi sebuah rencana penelitian yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Judul skripsi dianggap sebagai hal sulit untuk ditemukan. Faktor lain kadang belum diterimanya judul yang mereka ajukan ke dosen pembimbing. Tips mudah mencari judul skripsi dibawah ini perlu teman-teman terapkan agar memudahkan membuat judul penelitian.
  • 1. Buatlah bagian ini menjadi menyenangkan. Hilangkan kata sulit dalam mindset anda. Kata-kata sulit yang selalu anda ulang hanya penghalang yang nyata.
  • 2. Lihat dimana ketertarikan anda selama kuliah. Bagian ini sangat berpengaruh ketika anda sudah mulai menyusun. Olehnya itu, sebaiknya bidang yang anda minati adalah pilihan judul anda. Contohnya, ilmu farmakologi bahan alam, farmasetika, teknologi farmasi, atau farmasi klinis.
  • 3. Tentukan topik apa yang akan anda bahas. Sebuah penulisan yang telah diketahui topiknya akan mempersempit dan memfokuskan kita ke satu pembahasan. Topik akan membawa anda dalam kemudahan menemukan judul yang tepat. Contoh pemilihan topik seperti penyakit diabetes, identifikasi bahan kimia obat, pembuatan tablet, dan sebagainya.
  • 4. tentukan 2 variabel penelitian anda. Variabel yang saya maksud adalah variabel dependen dan independen. independen mempunyai arti variable yang menjelaskan atau mempengaruhi variable lain. Dependen adalah variabel yang dijelaskan atau dipengaruhi oleh variable independen.
  • contoh judul: pengaruh ekstrak etanol X dalam menurunkan Y pada mencit. judul ini menjelaskan X adalah varable independent dan Y adalah variable dependen.
  • 5. mencari permasalahan yang dapat timbul dari variabel tadi sehingga dapat terhubung menjadi satu judul penelitian.
Penyusunan pendahuluan.
Hal penting yang harus diketahui dalam menyusun pendahuluan yaitu membahas secara luas tentang sebuah topik lalu pada paragraf akhir dijelaskan secara spesifik. Ibaratkan sebuah piramida atau segitiga terbalik dengan runcingnya berada dibawah. contoh dari topik penyakit diabetes pada paragraf awal dengan temuan-temuan pendukung lalu diakhir dispesifikkan menjadi topik yang benar-benar membahas tentang judul skripsi yang kita rencanakan.
Bagian selanjutnya setelah membuat pendahuluan yaitu rumusan masalah. pada bagian ini khusus memberikan penjelasan tentang sebuah permasalahan terkait topik penelitian yang bisa memunculkan pertanyaan untuk dipecahkan. biasanya rumusan masalah sangat erat kaitannya dengan tujuan dari penelitian. Ketika tujuan penelitian anda contohnya: mengetahui pengaruh ekstrak A terhadap penurunan kadar glukosa darah, maka rumusan masalahnya bisa dibuat sebuah permasalahan yang dapat memunculkan pertanyaan seperti: Apakah ekstrak A dapat berpengaruh pada penurunan kadar glukosa darah, lalu bagaimana tingkat pengaruh dari pemberian ekstrak tersebut.
Pembuatan kerangka pikir dan hipotesis
Kerangka pikir selalu berkaitan dengan rumusan masalah, variabel, dan hasil yang akan terjadi dari kerja dua variable tadi. sehingga untuk membuat sebuah kerangka fikir dapat dilakukan dengan membuat sebuah kerangka dengan isi pemikiran dari hal diatas. Didalam bagian ini terdapat juga yang namanya hipotesis sementara. kadang hipotesis ditempatkan dibagian pendahuluan kadang juga dibagian ini. hipotesis merupakan jawaban sementara yang anda buat sebelum melakukan penelitian. hipotesis yang kita buat nantinya akan terjawab apakah diterima atau ditolak setelah kita mendapatkan hasil penelitian yang telah diolah dengan alat analisis data yang umumnya menggunakan SPSS.
Penyusunan hasil dan pembahasan
Pada bagian pembahas adalah gabungan dari hasil suatu penelitian yang disinkronkan dengan teori yang ada. Mendukung atau tidaknya teori dari hasil penelitian yang diperoleh bukan suatu permasalahan. Tugas kita dalam hal ini adalah memberikan alasan valid berdasarkan teori yang ada dari hasil penelitian yang telah dilakukan. ketika hasilnya tidak sesuai dengan hipotesis, maka tugas kita adalah mencari referensi yang sama yaitu artikel valid yang mendukung hasil penelitian yang kita dapatkan. begitu juga saat hipotesis diterima.
Demikian tips trik membuat judul skripsi dan menyusun skripsi dengan mudah dan cepat. semoga artikel ini dapat menjadi bagian dari kesuksesan adik-adik dalam penyusunan skripsi. Ingat! Skripsi tidak sulit. Tanamkan dalam mindset bahwa skripsi tidak sulit.

No comments:

Post a Comment

Sahabat Pengunjung Sawittoku, Mohon untuk meninggalkan saran agar pengembangan kualitas konten blog dapat lebih ditingkatkan.
Demi kenyamanan maka komentar yang mengandung Sara, Pornografi, Perjudian, Pelecehan ataupun sejenisnya dan mengandung Link akan kami jadikan SPAM.Terima Kasih Atas Perhatiannya